Tutorial Mekanik Pergerakan dan Animasi Karakter (idle, walk dan attack) menggunakan Construct 2


Assalamualaikum Wr.Wb.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit tutorial tambahan mengenai animasi karakter pada construct2. Tutorial ini merupakan kelanjutan dari tutorial sebelumnya yang hanya membahas animasi karakter Idle dan Walk saja. Nah disini saya akan menambahkan satu animasi yaitu Attack.

Untuk assetnya kalian bisa mendownloadnya gratis dari website imedia9.net 

Langsung saja ke step by stepnya

Buat project baru dengan cara

klik File > New > New empty project


Lalu akan muncul tampilan seperti berikut



Kemudian ubah layout height size sesuiakan dengan window masing-masing, disini saya ubah menjadi 1708, 480 dan margins 500, 500


Dan ini hasilnya


Masukan background yang telah kalian download dengan cara
Klik Kanan > Insert new object > Sprite


Lalu klik ikon open folder seperti dibawah ini, untuk load file yang akan kita import



Kemudian plih gambar backgroud yang sudah kita siapkan


Dan hasilnya akan muncul tampilan dari layout yang sudah diberikan backgroud, atur dan  sesuaikan ukuran backgroundnya


Kemudian ubah nama object background dari "Sprite" menjadi "Background" agar mudah nantinya


Setelah selesai memasukan background,
Selanjutnya kita Import Tanah dengan cara 
Klik kanan > Insert new object => Tiled Background => Open file => Pilih object tanahnya

Atur letak/posisi tanah sesuai keinginan kita. misalnya seperti ini

Masukan behavior tingkah laku pada tanah dengan cara :
Klik object tanahnya, Lihat jendela Properties > pilih Behaviours

Masukan behaviour Solid agar object tanah nantinya bisa di pijak oleh karakter
7
Jika sudah memasukan object tanah,

Selanjutnyakita masuk ke Character. Masukan character dengan cara 
Klik kanan > Insert new object > Sprite

Dijendela properties ubah nama karakter menjadi "Karakter"
Lalu pilih jendela Animation frames 
Klik kanan > Import frames > from files

lalu pilih karakter Idle 1 - 10 yang akan diimport

Ini adalah hasil impor file yang tadi
Ubah nama Animations menjadi "Idle"
Delete Animations Frame (0), Lihat gambar dibawah ini


Jangan lupa untuk mengatur properties nya seperti pada gambar di bawah ini.
Speed = 15
Loop = Yes


Setelah frame yang akan di animasikan sudah di import, tambahkan behavior pada karakter, tujuannya agar bisa menggerakan karakter ke kiri, kanan dan atas. dengan cara
Properties > Behaviours
Behaviors yang pilih
1. Platform
2. ScroolTo



Sehingga karakternya memiliki Behaviors seperti ini :


Disini karakter sudah bisa bergerak dengan animasi Idle, 
Klik tombol Run Layout untuk mencobanya


Selanjutnya kita akan membuat animasi berjalan, yaitu dengan menambahkan animation frames. Tambah animasi baru di dalam karakter yang sudah kita buat tadi, lalu beri nama “Walk”.
Caranya klik karakter tadi, didalam jendela Animations Klik kanan =>  Add animation
Lalu beri nama "Walk"

Pada Animation frames  Klik kanan > Import frames > from files Kemudian pilih karakter walk yang ingin di import
Jangan lupa untuk mengatur properties nya seperti ini
Speed = 10
Loop = Yes

Selanjutnya kita akan masukan input keyboard agar character bisa digerakkan menggunakan keyboard. 
Klik kanan > Insert new object > Keyboard
c.png
Langkah selanjutnya kita akan menambahkan action agar character bisa bergerak ketika kita menekan tombol keyboard.
 Masuk ke Event sheet > Add event > Keyboard

pilih menu 'on key pressed'
e
tekan tombol kanan pada keyboard

Nah event diatas adalah untuk kondisi nya atau if nya. Dan kita akan buat then nya atau action ketika kondisi terpenuhi.


pilih menu set animation


Isikan parameter "Walk" yang sudah kita buat tadi


Sampai disini Karakter nya sudah bisa di gerakan ke kanan. tetapi animasi nya masih belum bisa dihentikan.

Langkah selanjutnya kita akan buat event ketika tombol di lepas Karakter kembali diam.

Caranya copy event yang telah dibuat, lalu edit key press menjadi key realesed dan animation menjadi “Idle”.


Selanjutnya kita akan membuat event untuk Karakter bergerak ke kiri.

Caranya dengan mencopy event diatas lalu ubah button right menjadi left.

Nah sekarang karakter sudah bisa bergerak ke kedua arah.

tetapi animasi masih belum sempurna, karena ketika karakter bergerak ke kiri, tetapi karakter masih menghadap kanan,

Solusinya kita tinggal masukan action baru "Set not mirrored" pada On Right Arrow Pressed dan "Set mirrored"pada On Left Arrow pressed seperti pada gambar di bawah ini.


Sampai disini karakter sudah bisa bergerak ke kanan dan kekiri

Klik tombol Run Layout untuk mencobanya



Selanjutnya kita akan membuat animasi Attack, Tambah animasi baru di dalam karakter yang sudah kita buat tadi, lalu beri nama “Attack”.
Caranya klik karakter tadi, didalam jendela Animations Klik kanan =>  Add animation
Lalu beri nama "Attack"

Pada Animation frames  Klik kanan > Import frames > from files Kemudian pilih karakter Attack 1-10 yang ingin di import


Jangan lupa untuk menghapus animation frame 0 dan mengatur properties nya seperti ini
Speed = 10
Loop = Yes

Selanjutnya kita akan memasukan event untuk attack.

Klik kanan > Insert new object > Keyboard
c.png
Langkah selanjutnya kita akan menambahkan action agar character bisa menjalankan animasi "Attack" ketika kita menekan tombol keyboard.
 Masuk ke Event sheet > Add event > Keyboard

pilih menu 'on key pressed'
e
Disini saya akan menggunakan tombol "space" pada keyboard untuk menggerakan animasi Attack.

tekan tombol "Space" pada keyboard seperti ini



Sekarang kita buat action dari event diatas



pilih menu set animation


Isikan parameter "Attack" yang sudah kita buat tadi



Selanjutnya kita akan membuat karakter musuh, seperti biasa menggunakan menu "Sprite" dengan membuat manual atau kalian dapat mengimport karakter musuhnya dari luar

Contohnya seperti ini 



Karakter musuh menggunakan Behaviors "Solid" tujuannya agar tidak bisa ditembus

Setelah karakter musuh dibuat, langkah selanjutnya membuat Sprite "Peluru" untuk amunisi "Attack" yang dibuat tadi




Peluru tersebut menggunakan Behaviors "Bullet"


Setelah menambahkan karakter musuh dan peluru, sekarang kita buat Actionnya

Untuk actionnya seperti ini


Tampilan halaman layout seperti ini



Sekarang kira running, dan tampilannya akan seperti ini


Jadi intinya cara membuat animasi Idle, Walk dan Attack seperti itu.
Kalian bisa mengaplikasikannya sesuai keinginan kalian agar lebih baik lagi


Mungkin cukup sekian tutorial singkat dan sederhana dari saya, kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamu'alaikum wr. wb.


Opmerkings

Gewilde plasings van hierdie blog

Tutorial REST API (Get, Post, Put, Delete) Menggunakan Postman

Game Development Life Cycle (GDLC)

PHP Request Header Menggunakan Postman