Tutorial Blender #01 - Standard Mesh



Assalamu'alaikum wr. wb

Dalam tutorial kali ini, kita akan menggunakan blender versi 2.80 dengan tujuan untuk memahami konsep dasar pembuatan model 3D pada blender. Blender adalah software 3D yang berfungsi untuk melakukan modeling 3D dan animasi. Output pada blender bisa digunakan untuk membuat film animasi atau dijadikan bagian dari asset game.

langkah pertama buka aplikasi blender seperti pada gambar dibawah ini


object pertama yang akan tampil di blender adalah object cube


dalam blender versi terbaru, anda bisa memilih object dengan 'klik kiri'


anda bisa menggunakan juga 'klik tengah' untuk memutar object


anda bisa menekan tombol X untuk menghapus (delete) object


untuk menambahkan object anda bisa klik menu (baris kedua) diatas 'View > Mesh'

untuk setiap object terdapat tool box (Side Bar  Kiri) yang bisa digunakan untuk memanipulasi pada object anda



Transform Position adalah untuk mengubah posisi

Transform Rotain adalah mengubah rotasi



Transform Scale adalah untuk mengubah skala


disini kita akan bereskplorasi menambahkan object-object lainnya



untuk menambah warna pada setiap object anda dapat menambahkan 'material'.
tombol 'material' terletak disebalah kanan (Posisi kanan sebelah bawah)
klik tombol New

Jika warna tidak berubah, berarti anda sedang berada pada mode Solid Mode. Ganti menjadi Look Dev mode dengan klik simbol Lingkaran di menu Pojok kanan atas (Sebelah kiri Sidebar kanan)


lakukan hal yang sama untuk semua object. dan atur susunannya sesuai dengan kebutuhan

Opmerkings

Gewilde plasings van hierdie blog

Tutorial REST API (Get, Post, Put, Delete) Menggunakan Postman

Game Development Life Cycle (GDLC)

PHP Request Header Menggunakan Postman