Tutorial Blender #05 - Chair Modelling
Assalamu'alaikum wr. wb
Dalam tutorial kali ini, kita akan membuat kursi sederhana menggunakan blender 2.80 dan mempelajari beberapa konsep dasar modeling 3D pada blender.
Arahkan mouse ke tengah-tengah, dan klik kiri
Klik X dan pilih delete Vertec
Jika tidak ada kesalahan hasilnya akan seperti ini
Lakukan hal yang sama pada 2 poligon lainnya sampai menjadi seperti ini
Selanjutnya tambahkan MODIFIER MIRROR
Tampilannya akan menjadi seperti ini (karena defaultnya sumbu X)
Selanjutnya tambahkan Mirror 1 kali lagi
Bentuk kotak kecil ini akan menjadi kaki kursi
Atur tampilan sehingga kita bisa melihat bagian bawah Cube
Pilih Select FACE dan pilh bagian kotak kecil pada Cube
Tekan E atau tombol Extrude di sebelah kiri sidebar
Tariiiik terus sampai ke bawah. Karena menggunakan mirror, narik satu kaki, 3 sisa mesh lainnya akan mengikuti
Selanjutnya lakukan modifikasi sedikit pada pangkal kaki kursi
Tarik menggunakan Translate
Dengan cara yang sama lakukan untuk kaki sebelahnya
Sip! Sampai tahap ini sudah menyerupai kursi bukan?
Selanjutnya seleksi bagian belakang mesh Cube
Tekan E atau klik tombol Extrude dan tariiiiik ke atas
Jreng jreng jreng . Sampai tahap ini, anda sudah berhasil membuat kursi
Dalam tutorial kali ini, kita akan membuat kursi sederhana menggunakan blender 2.80 dan mempelajari beberapa konsep dasar modeling 3D pada blender.
Langkah pertama buka aplikasi blender
Reize Cube pada sumbu Z
Tipiskan Cube menjadi seperti gambar dibawah ini
Selanjutnya masuk ke EDIT MODE
Dalam mode ini kita akan menghapus poligon cube menjadi lebih kecil
Tekan CTRL+R (Loop Cut) sehingga muncul lingkaran kuning pada CubeArahkan mouse ke tengah-tengah, dan klik kiri
Lakukan hal yang sama untuk arah horizontal
Selanjutnya pilih 2 Vertec (titik) di ujung salah satu cube
Jika tidak ada kesalahan hasilnya akan seperti ini
Tampilannya akan menjadi seperti ini (karena defaultnya sumbu X)
Tapi untuk mirror yang ini, centang Sumbu Y
Selanjutnya tekan CTRL+R (Loopcut) lagi dan potong agak di sudutTarik menggunakan Translate
Selanjutnya klik APPLY pada Modifier Mirror (Harus masuk Objek Mode dulu). Sampai bagian yang dimirror hilang dan menjadi mesh sepenuhnya
Opmerkings
Plaas 'n opmerking